belitung sketsa

Akhir-akhir ini kita sering mendengar beberapa kata yang sering banget terucap yang diawali dengan huruf “C”. Kata-kata yang tak asing bagi telinga kita n’ kerap muncul dalam beberapa kesempatan. Baik kata-kata yang berasal dari kamus bahasa Indonesia, bahasa asing, bahasa daerah bahkan bahasa gaul. Beberapa diantaranya ada dibawah ini:

C untuk Coblos
Kata yang dipakai untuk memberi tanda pada media kertas suara pada pemilu-pemilu sebelumnya sebagai tanda untuk memilih wakil rakyat

C untuk Contreng
Kata yang dipakai untuk memberi tanda pada media kertas suara pada pemilu saat ini sebagai tanda untuk memilih wakil rakyat, menggantikan kata coblos

C untuk Calender (kalender = bahasa Inggris)
Tanggal 9 april, selalu didengungkan dan diingatkan pada rakyat jangan sampai lupa untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pemilu 2009. Bagi para wakil rakyat terpilih tolong jangan pura-pura lupa dengan calendar kerja. Kalo’ jadwal pelaksanaan pemilu selalu diingatkan pada waktu kampanye, nanti setelah terpilih jangan sampe lupa dan males-malessan sama jadwal kerja. Jangan sampe ruang sidang selalu kosong seperti yang terjadi saat ini.

C untuk Cara
Saat ini selalu diingatkan dan disosialisasikan bagaimana cara memilih yang benar untuk memilih wakil rakyat. Bagi para calon wakil rakyat tolong jangan sampe menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya agar terpilih

C untuk Catat
Mencatat semua hasil apapun tentang pemilu

C untuk Cetak
Berkaitan dengan memproduksi semua kebutuhan pemilu. Mencetak kertas suara , mencetak alat peraga pemilu (baca=banner, spanduk, pamphlet, poster dansebagainya). Tetapi kita berharap jangan sampe pemilu ini mencetak para wakil rakyat yang nambah bikin sengsara dan penderitaan rakyat.

C untuk Cost (biaya = bahasa Inggris)
Dana dan biaya yang dikeluarkan dalam jumlah yang sangat sangat besar untuk kebutuhan pemilu agar pemilu terselenggara dengan baik. Baik dana pemerintah untuk kepanitiaan ataupun dana pribadi untuk berkampanye

C untuk Commercial (komersil = bahasa Inggris)
Jangan sampe ajang pemilu hanya untuk mengeruk keuntungan tertentu

C untuk change (perubahan = bahasa Inggris)
Pemilu diharapkan menghasilkan suatu perubahan langkah dan nasib bangsa dan Negara kedepan. Jangan sampe pemilu hanya dijadikan sebagai “proyek” yang tetap menyengsarakan rakyat.

C untuk Carnival (karnaval, arak-arakan, kampanye = bahasa Inggris)
Pemilu jangan hanya dijadikan sebatas persta karnaval/pesta arak-arakan yang hanya kegembiraan sesaat. Tetapi buatlah pemilu sebagai pesta rakyat yang akan membuat rakyat gembira selamanya.

C untuk Color (warna = bahasa Inggris)
Dari bendera sampai atribut pemilu semuanya berwarna-warni. Walaupun berwarna dan beragam tetaplah satu kepentingan untuk membuat kehidupan rakyat lebih berwarna.

C untuk Corruption (korupsi = bahasa Inggris)
Semua berteriak yang namanya anti korupsi, dari kalimat memberantas korupsi, stop korupsi, cegah korupsi sampe berjanji tidak akan melakukan korupsi jika nanti terpilih.

C untuk Career (karir = bahasa Inggris)
Jangan hanya jadikan wakil rakyat sebagai kebanggan perjalanan karir semata. Menjadilah kebanggan bagi rakyat.

C untuk Computer
Dana yang dikeluarkan untuk komputerisasi entah untuk administrasi, penghitungan suara cepat menjadi sia-sia seperti pemilu sebelumnya.

C untuk CD (alat penyimpan data = bahasa Inggris)

Jangan sampe janji-janji yang dilontarkan pada waktu kampanye hanya tersimpan dengan rapi seperi kita menyimpan data di dalam CD.

C untuk CCTV (sisi TV = bahasa Inggris)
Jangan sampe ada yang ketangkep sama apa yang namanya CCTV karena alasan korupsi dansebagainya. Malulah ama ama janji, malulah ama rakyat…..

C untuk Celebrity (selebriti = bahasa Inggris)
Para artis belomba-lomba untuk menjadi calon wakil rakyat, mudah-mudahan mereka berlomba-lomba juga untuk berjuang demi kepentingan rakyat jika nanti terpilih.

C untuk Care (peduli = bahasa Inggris)
Semua berteriak akan peduli dengan nasib rakyat

C untuk Cukong
Jangan sampe wakil rakyat kita hanya titipan para cukong sehingga nanti terpilih hanya memikirkan kepentingan para cukong

C untuk Criminal (criminal = bahasa Inggris)
Belum terpilih menjadi wakil rakyat tetapi uda ada para calon kita ketangkep terlibat dengan urusan criminal

C untuk Cacat
Peserta pemilu diharapkan tidak cacat hukum dan terlibat dengan urusan hukum

C untuk Cinta
Semua berteriak mencintai rakyat saat kampanye, mudah-mudahan ketika terpilih ga ada wakil-wakil kita yang hanya mencintai kepentingan dan golongan tertentu

C untuk Cantik
Semua berlomba-lomba bergaya depan kamera, berpose agar cantik untuk menarik simpati rakyat dengan berbagai atribut peraga pemilu. Sebagai rakyat kita hanya berdoa jangan sampe mereka hanya tampil cantik, akan tetapi hatinya secantik atau lebih cantik dibandingkan posenya.

C untuk Celleng (hitam = bahasa Madura)
Jangan sampe hati dan tujuan untuk menjadi wakil rakyat untuk kepentingan yang tidak baik karena tujuan tertentu. Ketika terpilih hatinya tertutup.

C untuk Championsip (menang = bahasa Inggris)
Jangan bangga kalo nanti terpilih menjadi wakil rakyat, jadilah pemenang untuk hati rakyat

Dan masih banyak kata-kata yang diawali dengan huruf “C” yang belum terjabarkan diatas yang berhubungan dengan pemilu. Tapi apapun katanya yang diawali huruf dengan “C” mudah-mudahan bermanfaat untuk kepentingan rakyat, kepentingan bangsa dan Negara kita…Amiiinnn……

Minggu 2009-03-22 – 05:17 (Yulias)
0 Responses

Posting Komentar